5 Cara Efektif Tetap Produktif Bekerja di Rumah

9:28 PM


Sudah 5 tahun aku bekerja dari rumah. Tepatnya saat pertama kali aku memutuskan untuk membuat majalah sendiri dan menjadi editor untuk majalahku. Susah nggak sih kalau kerja di rumah? Awalnya kacau karena bekerja di rumah godaannya lebih besar, mulai dari rasa malas karena nggak perlu kemana-mana (atau pergi ke kantor), sampai selalu punya alasan kenapa tidak segera bekerja (yes, biasanya alasan utama harus ngerjain pekerjaan rumah dulu, misalnya mencuci baju, masak, dan lain sebagainya). 

Kalau malas melanda tentu aku jadi nggak produktif, ujung-ujungnya pas malam hari menjelang tidur aku selalu menyalahkan diri sendiri karena seharian aku tidak bekerja. Mulai dari situ aku mencari tahu bagaimana teman-teman yang juga bekerja dari rumah bisa lebih produktif dari aku. Aku tanya kesana kemari dan mendapat banyak sekali tips, wow! Tapi nggak mungkin khan aku bisa mengerjakan semua tips itu? tentu aku harus memilih mana yang cocok/sesuai dengan kebiasaanku. Nah, setelah mencoba beberapa tips, ada 5 cara yang ternyata sangat efektif buat aku. 

1. Bikin jam kerja kamu sendiri
Lho, katanya kalau nggak kerja kantoran kita jadi enak nggak perlu kerja office hours?kok jadi disuruh bikin jam kerja sih? oops kalian salah mengira. Enaknya kerja di rumah bukan untuk menghindari jam kerja kantor lho, tapi kita bisa memutuskan sendiri kapan jam kerja kita, alias kita jadi lebih fleksible dan memiliki kuasa untuk menentukan kapan kita akan bekerja, tidak menurut jam kerja yang ditentukan oleh kantor atau orang lain. Jam kerja tetap penting banget untuk kita yang bekerja di rumah. Tanpa adanya jam kerja hidup kita jadi kacau karena kehidupan pribadi akan terganggu dengan aktivitas kerja kita yang nggak tentu jadwalnya. Lalu bagaimana memilih jam kerja yang cocok dengan kita? Kita harus tahu di jam-jam berapa kita merasa bisa produktif untuk bekerja. Misalnya jam 11 siang - 5 sore, karena pagi hari mau menyelesaikan pekerjaan rumah dulu, atau mengantar anak ke sekolah dulu. Tentukan yang menurut kalian bisa diberlakukan secara konsisten, sehingga kita tidak perlu mengubah-ubah jam kerja lagi.

2. Bangun pagi, langsung mandi dan berdandan (dress up)
Bekerja tanpa mandi terlebih dahulu atau masih menggunakan baju tidur membuat kita malas untuk serius memulai pekerjaan. Selalu terasa hawa untuk bermalas-malasan, bener nggak? Nggak papalah meskipun cuma akan di rumah mengetik tapi tampilan kita wangi, bersih, memakai baju bagus, memakai make up, karena itu juga akan membuat kita menjadi semakin semangat.

3. Mulai membuat daily planner
Cara ini baru aku kerjakan bulan-bulan ini, iya karena semakin banyak target yang ingin aku selesaikan membuat aku harus memiliki jadwal jelas untuk pekerjaan yang harus aku kerjakan lebih dahulu. Aku sangat suka menuliskan kegiatan apa saja yang akan aku lakukan untuk esok hari di daily planner-ku. Biasanya aku menulis pada malam menjelang aku akan tidur. Beberapa to-do-list yang sudah kita tulis membuat kita semakin terorganisir, dan enaknya kalau sudah dijalankan, semua pekerjaan nggak ada yang terlewat. 

4. Bersihkan meja kerja kalian!
Kalau kalian termasuk orang yang moodnya akan naik kalau melihat atau bekerja di meja kerja yang bersih, aturan ini pasti sangat berpengaruh. Aku juga demikian, semua barang harus ada ditempatnya, jadi kita punya space untuk menaruh benda yang kita butuhkan selama bekerja (baca: secangkir kopi) dan nggak perlu cari-cari benda yang kita butuhkan. Tambahan juga biar mata tetap segar, tidak ada salahnya juga kalau kita kasi pot kecil tanaman hijau, atau mungkin bunga cantik yang ditaruh di vas.






5. Jauhkan telepon pintar kalian sementara dari jangkauan
Nah ini nih yang sering menjadi godaan terbesar kedua setelah malas, yaitu mainan hape. Memang sih beberapa orang menggunakan hape untuk keperluan pekerjaan juga misalnya cek email, posting produk jualan, dan lain sebagainya. Tetapi kalau semua pekerjaan itu sudah dilakukan ada baiknya segera berhenti untuk terus memegang hape. Kalau jadi berlanjut buka media sosial, scroll-scroll-scroll, waktu pun terbuang sia-sia selama berjam-jam tanpa kita sadari. Tau-tau jam kerja kita sudah habis, dan pekerjaan tidak jadi selesai sesuai target. 



Sudah mulai memikirkan cara mana yang akan coba dilakukan? Atau mungkin jadi kepikiran punya cara sendiri untuk dilakukan? Kalau masih belum mendapat cara yang cocok dengan kita jangan putus asa untuk mencoba cara lain ya, dan jangan lupa untuk konsisten menerapkannya :)

Cheers,
Lucia Berta

************

Photos: dokumentasi Folksy Magazine (studio: @soresore.yk, @gulaliku, @_tempa_, @rivan_doka

You Might Also Like

0 comments

Subscribe