Belajar Hal Baru itu Menguntungkan Lho

3:31 PM

Aku adalah orang yang senang belajar sesuatu yang baru, dan pekerjaanku selama ini memang menuntutku untuk itu. Dari mulai belajar tentang jurnalistik, foto, video, membuat materi kreatif, belajar menyablon, menyulam, menjahit (semua hal tentang ketrampilan), sampai belajar untuk membuat acara secara mandiri dan bekerjasama dengan sponsor. Semua hal itu pernah menjadi hal pertama bagiku, dan untuk hasilnya sendiri ada beberapa yang kurang maksimal, ada yang biasa saja, ada yang sukses kukerjakan. Tapi hasilnya tidak terlalu menjadi masalah karena there's always a first time in everything, dalam tahap masih belajar memang tidak bisa membuat kita langsung menjadi ahlinya, selalu saja ada hal-hal yang perlu kita ketahui caranya (baik dengan brainstorming, berdiskusi dengan teman, atau bertanya dengan yang sudah mahir) untuk mengatasi kegagalan tersebut. 

Nah, kalian tahu tidak, ternyata belajar hal baru itu bagus untuk kita. Ada banyak keuntungan yang bisa kita dapatkan, tetapi aku akan menggarisbawahi dua keuntungan yang populer di beberapa artikel dan keuntungan yang sudah aku rasakan sendiri.

Secara ilmiah dijelaskan bahwa dalam diri kita (tepatnya otak kita) ada materi putih yang disebut dengan mielin. Mielin dalam tubuh digunakan untuk membantu meningkatkan kinerja kita dalam mengerjakan tugas. Hubungan penting dalam 'belajar hal baru dengan mielin' ini terletak pada meningkatnya mielin di otak ketika kita juga semakin banyak belajar/berlatih sesuatu yang baru. Hal ini menjadi menguntungkan karena jika mielin meningkat maka kecepatan kita dalam mempelajari sesuatu juga semakin meningkat. Untuk beberapa orang, ada yang meyakini bahwa seseorang yang lebih aktif belajar sesuatu yang baru dapat meminimalisir terkena penyakit dementia.

Dari sisi psikologi, keuntungan yang bisa kita dapatkan dari belajar hal baru yaitu dapat membantu kita dalam meningkatkan rasa kepercayaan diri dan efikasi diri (self efficacy). Efikasi diri merupakan persepsi seseorang bahwa seseorang tersebut mampu untuk melakukan sesuatu yang penting untuk mencapai tujuannya. Hal ini mencakup perasaan mengetahui apa yang harus dilakukan dan juga secara emosional mampu untuk melakukannya. Woolfolk (2004) menambahkan bahwa efikasi diri adalah penilaian spesifik yang berkaitan dengan kompetensi untuk mengerjakan sebuah tugas yang spesifik. Nah, kita tentu akan semakin percaya diri kan kalau ketrampilan yang kita miliki juga semakin banyak dan meningkat ;)




Sedangkan untuk diriku sendiri, keuntungan yang kurasakan dari belajar hal baru adalah kebahagiaan saat mengerjakannya, dan memberikanku mindset baru tentang bisnis dan kehidupan. Saat merasa jenuh dengan pekerjaan yang sudah biasa dikerjakan, mengerjakan hal baru memberikan excitement tersendiri. Seperti yang sedang aku kerjakan akhir-akhir ini yaitu belajar untuk membuat video dengan konten kreatif di channel YouTube-ku. Aku sama sekali tidak pernah menyangka kalau membuat video yang bagus dan layak ditonton itu sangat ribet dan membutuhkan banyak hal penting seperti contohnya peralatan penunjangnya: mic, tripod, dll; teman/asisten untuk membantu menyiapkan; konsep video yang akan dibuat, dan masih banyak lagi. Belum selesai disitu, setelah memiliki materi video, kita harus mengedit dan merangkainya menjadi video yang bagus. Pada bagian itu juga masih membutuhkan ketrampilan mengedit, aplikasi yang kita gunakan untuk mengedit, dan masih banyak lagi. Pusing nggak tuh? Dan hanya dengan membuat satu video saja telah berhasil mengubah mindset-ku selama ini baik tentang teman-teman yang menjadi vlogger atau content creator yang suka membuat video, sampai tentang proses kreatifnya.

Aku juga merasa kalau belajar hal yang baru bisa (dengan sangat mudah) memantik kreatifitasku. Selalu ada saja ide yang akhirnya muncul disaat aku sedang mengerjakan sesuatu, dan ide itu menjadi daftar berikutnya yang akan kukerjakan untuk pertama kalinya. Wow banyak sekali ya keuntungan yang bisa kita dapat dari belajar hal baru. Sepertinya tidak akan habis kalau kita bahas semua. Nah, sekarang giliran kalian, bagaimana kalau kalian juga mencari tahu sendiri keuntungannya dengan mencoba belajar sesuatu yang baru? Kalian berani? Selamat mencoba!





Cheers,
Lucia Berta

You Might Also Like

0 comments

Subscribe