Menemukan Tujuan Hidup Kita dari Connecting The Dots

11:24 AM


Kalian percaya nggak kalau apa yang membentuk menjadi diri kita sekarang ini adalah hasil dari apa yang kita kerjakan di masa lalu, atau lebih sederhananya bisa dibilang gabungan dari titik-titik yang dihubungkan yang akhirnya membentuk dirimu saat ini. Steve Jobs (founder Apple) sempat menggarisbawahi tentang ini dengan istilah "connecting the dots". "You can't connect the dots looking forward; you can only connect them looking backwards. So you have to trust that the dots will somehow connect in your future". Steve Jobs percaya bahwa apapun hal yang pernah kita lakukan dahulu akan menjadi masuk akal di kemudian hari.

Aku bisa mencontohkan pernyataan itu pada diriku sendiri, dengan pengalaman dan perjalananku sendiri. Aku lulusan psikologi, dulu aku tidak aktif di kegiatan kemahasiswaan khususnya jurnalistik. Aku sama sekali tidak pernah berpikir kalau sekarang ini akan suka menulis dan menjadi editor untuk majalahku sendiri serta buku parenting-nya temanku. Tapi kalau mau menengok ke masa lalu, aku memiliki pengalaman dimana aku merasakan "harus menjadi editor". Dulu waktu masih kuliah aku pernah diminta membantu tanteku, yang adalah seorang dosen di fakultas kehutanan UGM yang sedang menulis untuk buku terbarunya yaitu tentang penyakit tanaman. Aku harus membantu menjadi asistennya, mengedit artikel, mengecek penulisan, dan lain-lain. "Kenapa harus aku?" sempat aku berpikir demikian, karena sebagai dosen, tanteku khan bisa saja mengajak mahasiswanya yang memang anak kehutanan dan lebih memahami istilah-istilah dalam ranah pengetahuan mereka daripada memintaku, seorang mahasiswi psikologi. Ini sama sekali nggak make sense. Meskipun hal itu memang aneh aku nyatanya tetap menerimanya, bahkan aku jadi harus belajar beberapa istilah yang kurang familiar untukku. Banyak hal yang aku pelajari selama membantu membuat buku itu. Setelah buku itu cetak dan pekerjaan selesai aku kembali berpetualang dengan pengalaman baru dan berbeda lagi, yaitu di bidang komunitas, craft dan art. Singkat kata dari beberapa pengalaman yang mungkin dulu aku sempat ragukan karena tidak ada yang sesuai dengan ilmu psikologi yang aku pelajari selama kuliah, akhirnya yang malah menghantarkanku disini serta menjadi salah satu tujuan hidupku sebagai editor/creative content/creative director/project manager/creative enthusiast/apapun itu yang aku kerjakan sekarang. 

Bagaimana dengan kalian? Apakah merasa apa yang kalian alami atau lakukan sekarang itu datang secara tiba-tiba tanpa tujuan? Coba kalian flashback sebentar, apakah pernah mengalami (meskipun sebentar) hal (baik yang sukses dikerjakan atau malah gagal) yang akhirnya kalian kerjakan lagi di masa sekarang, atau mungkin malah sekarang menjadi pekerjaan utama kalian? Saat ini pun tanpa kita sadari, kita sedang membuat titik-titik baru yang akan menghubungkan kehidupan kita di kemudian hari. Wah jadi penasaran khan tujuan baru hidup kita nanti akan seperti apa? Trust the process, tidak ada satu hal pun yang sia-sia, apapun yang pernah atau sedang kamu lakukan saat ini akan memberikan gambaran tujuan hidupmu yang lebih besar.   


Cheers,
Lucia Berta



   

You Might Also Like

0 comments

Subscribe