Soresore Mini Studio: Bright and Multiple Purpose

2:09 PM

Tahun ini muncul crafter yang produknya lucu-lucu banget yang menyita perhatianku. Namanya Soresore, berdomisili di Yogyakarta. Belum sampai bertahun-tahun membangun bisnis kreatif, mereka sudah dikenal di beberapa kota dan memiliki penggemar yang banyak sekali, kalau nggak percaya bisa kalian lihat di instagramnya: disini. Wow menarik bukan? Segera saja waktu itu aku mengirimkan permintaan interview untuk materi Folksy Magazine. Kali ini aku nggak membahas tentang produknya, tetapi aku lebih penasaran dengan studio/workspace-nya. Ada satu dua postingan foto studio Soresore yang diposting di instagram mereka dan mencuri perhatianku untuk bertanya-tanya. Interview ini ada juga di majalah Folksy edisi 17, nah untuk kalian yang tidak/belum memiliki majalah Folksy karena sold out jadi nggak kebagian, bisa menyimak interview mereka disini.


Soresore itu ada siapa saja (orang dibalik brand), dan kegiatan sehari-harinya apa?
Soresore dibangun oleh kami berdua, Regina dan Salman. Kami berdua dulunya bekerja di salah satu perusahaan swasta di Jogja. Berawal dari obrolan di suatu sore hari, kami sama-sama ingin melakukan sesuatu yang bikin kita selalu semangat waktu mengerjakannya. Kebetulan Regina suka sekali menggambar dari kecil. Lalu kami berdua memutuskan untuk membuat produk-produk berupa gambar yang diaplikasikan ke dalam barang-barang kebutuhan sehari-hari. Hobi dari Salman di bidang foto dan video pun juga bisa berguna disini, untuk bikin dokumentasi, foto produk dan promosi.

Kenapa namanya Soresore?
Masih ada kaitannya dengan jawaban sebelumnya, nama Soresore mucul karena awal mula ide Soresore itu adalah waktu kita ngobrol sepulang kerja di waktu sore hari. Awalnya pun kami mengerjakan Soresore setelah pulang kerja sebagai project sampingan. Sampai akhirnya Regina memutuskan untuk resign dan fokus mengerjakan Soresore.



Apa yang membuat produk kalian berbeda dengan produk brand lain?
Produk Soresore itu adalah produk dari gambar-gambar kami sendiri. Menurut kami setiap gambar itu pasti memiliki ciri khas masing-masing, jadi pasti feel-nya akan berbeda dari satu orang dengan yang lain. Karakter yang ingin ditonjolkan oleh Soresore adalah cute, fun and colorful. Kami kadang juga suka memberi cerita atau karakter di gambar-gambar kami supaya lebih hidup. Melalui gambar yang kami buat itu, kami juga ingin menyelipkan pesan-pesan tentang masalah-masalah sosial terutama untuk generasi muda, baik itu kami wujudkan dalam produk kami sendiri atau dalam charity project dan kolaborasi dengan pihak lain.

Studio/workspace kalian ada dimana?
Untuk workspace, kami masih belum mempunyai studio yang berdiri sendiri, jadi kami memanfaatkan ruang tamu di rumah Regina untuk dijadikan tempat bekerja. Lokasinya sendiri ada di Jalan Imogiri Timur.

Apa saja yang suka kalian lakukan di workspace?
Jika tidak ada urusan di luar, seperti belanja bahan, meeting, atau event, kami menghabiskan waktu dengan bekerja di work space kami. Kami melakukan hampir semuanya di situ, mulai dari membuat design produk, menggambar, mengatur stock barang, melakukan foto produk, membuat konten untuk sosial media, sampai packing dan menyiapkan pengiriman untuk pesanan dari konsumen. 


Dari mana inspirasi dekorasi/tampilan studio/workspace kalian?
Dengan keterbatasan ruang yang ada, mungkin bisa dibilang tema workspace kami adalah bright and multiple purpose. Menjadi tempat yang nyaman untuk berbagai macam pekerjaan dan sekaligus juga untuk kegiatan sehari-hari.

Barang apa saja yang harus selalu ada di workspace?
Yang paling penting tentu adalah alat-alat yang menunjang produktivitas seperti laptop dan alat-alat lukis. Selain itu kami senang sekali kalau ada tanaman. Selain membuat suasana hati jadi lebih senang, juga tentunya ruang jadi lebih segar!

Berapa lama kalian bisa habiskan disitu?
Kalau pekerjaan sedang tidak padat, kami bekerja dari jam 9 pagi sampai jam 5 sore seperti orang kantoran. Tapi bisa fleksibel dan tidak tinggal disitu terus karena pasti ada saja urusan di luar. Kalau sedang banyak yang harus dikerjain, kami bisa bekerja dari jam 7 pagi sampai 9 malam.

Suka workspace seperti apa?
Impian kami adalah yang adem dan hijau dengan banyak tanaman dan pohon-pohon. Makanya kadang-kadang Regina pergi keluar untuk mencari inspirasi. Menggambar sambil piknik di taman atau kadang menggambar di pinggir pantai. Kadang juga kerja di depan laptop tapi di kafe yang ada pemandangan alamnya. Makanya kalau sedang ngga bisa kemana-mana dan harus kerja di rumah saja, tempat kerja harus ada tanamannya, walaupun sedikit.

Pojok/area yang paling kamu sukai?
Kami suka semua sudutnya sih. Karena semua fungsional dan sudah ditata sesuai dengan karakter kami agar bisa  membangun mood yang baik. 

Harapan Soresore kedepan?
Kami sangat berharap supaya Soresore semakin dikenal banyak orang karena hal-hal baik. Selain itu, kami juga ingin usaha yang kami bangun ini pelan-pelan bisa memberi manfaat bagi orang-orang di sekitar kami.


Sangat menginspirasi ya tempat kerja mereka, jadi semangat juga nih buat mendekor ulang tempat kerjaku :)


Foto: dokumentasi Soresore

You Might Also Like

0 comments

Subscribe