Tutorial: Yuk Bikin Pin Resin!

6:57 PM

Sebenarnya aku juga sudah bikin video membuat resin bracelet bersama tim di channel Youtube Folksy Press. Tetapi khusus untuk tutorial ini dibikin oleh by pf , seorang gadis muda kreatif di Yogyakarta. Yuk segera saja kita simak!


Alat dan bahan:
1. pilih gambar yang ingin kamu jadikan pin dan print di atas bahan pvc (konsultasikan dengan pihak percetakan), atau kamu juga bisa mencetaknya di kertas tebal seperti kertas ivory 260 gsm. 
2. resin lycal 1011 dan katalis (takaran 3:1), bisa dibeli di toko bahan kimia
3. peniti bros
4. lem tembak
5. gunting
6. mangkok/gelas plastik
7. sendok plastik kecil
8. tusuk gigi
9. sarung tangan (optional, kalau kulit kamu sensitif karena akan bermain cairan kimia).  Bisa dibeli di toko bahan kimia juga.



1. Gunting gambar yang sudah kamu print/cetak


2. Siapkan resin dan katalis-nya, campur di mangkok/gelas plastik dengan perbandingan 3:1 (contoh: resin lycal sebanyak 3 sendok kecil dicampur katalis sebanyak 1 sendok kecil), jika masih bingung tanyakan pada penjaga toko bahan kimia. Ada baiknya mencampur sedikit demi sedikit dulu karena cepat mengeras. Jangan lupa gunakan sarung tangan ya.


3. Cari alas yang datar untuk menaruh gambar dan mulai diteteskan campuran yang kita bikin tadi dengan sendok. Cara meneteskan dimulai dari bagian tengah gambar, lalu diratakan perlahan menggunakan tusuk gigi. Usahakan juga jangan sampai ada gelembung. Nah, tusuk gigi ini juga berfungsi untuk menusuk gelembung-gelembung kecil yang muncul. 



4. Diamkan selama 12-24 jam, pastikan saja resinnya sudah benar-benar mengeras


5. Kalau sudah mengeras kita bisa mulai menempelkan peniti bros menggunakan lem tembak



Nah mudah bukan? Selamat mencoba



Tutorial ini pernah dipublikasikan di Folksy Magazine 16th edition.


You Might Also Like

0 comments

Subscribe