4 Cara Mudah Menjadi Lebih Konsisten Ngeblog

10:37 AM


Kalau ditanya kapan terakhir kali kalian nulis blog? Sudah pasti kebanyakan akan bilang: "Aduh lama banget kayaknya, padahal dulu sempat berjanji untuk rajin nulis blog. Gimana ya caranya agar kita jadi lebih konsisten ngeblognya, karena jujur aja kadang waktu lihat blog orang lain yang selalu punya artikel baru aku jadi merasa gagal jadi blogger". Apakah kalian sering memberi jawaban seperti itu? Toss denganku kalau iya. Demi bisa konsisten ngeblog, dulu aku pernah membuat project 30 days blogging challenge. Proyek ini adalah proyek menantang diri sendiri untuk posting blog setiap harinya selama 30 hari. Bagaimana hasilnya? Sudah bisa ditebak, hasilnya tentu saja nggak berjalan sesuai rencana hahaha karena selalu saja ada alasan (klasik) "nggak punya materi atau lagi nggak mood". Begitu sudah nggak bikin tantangan eh sekarang malah rajin ngeblog. Kok bisa sih? Nah, baru aku tahu kalau ternyata ada resepnya nih. Kegagalanku diproyek 30 days blogging challenge dulu disebabkan karena aku nggak mempersiapkan cara yang mempermudah diriku untuk bisa konsisten.

Ada 4 cara penting yang selama ini aku terapkan, yang akhirnya bisa membuatku konsisten ngeblog:

1. Tetapkan target ngeblog
Tetapkan target jumlah artikel yang akan diposting di blog. Kita akan membuat berapa postingan blog dalam sehari, dua hari, seminggu, atau sebulan. Misalnya: target postinganku sehari minimal 1 artikel atau target postinganku seminggu ada 5 artikel dan posting setiap hari Selasa dan Kamis.

2. Membuat draft tema dan judul artikel
Aku biasanya menulis draft tema dan beberapa judul artikel yang saat itu ada di pikiranku. Hari berikutnya jika masih ada ide judul, aku tambah dan simpan lagi ke draft tersebut. Dalam eksekusinya memang ada beberapa judul yang akhirnya aku batalkan untuk ditulis karena keterbatasanku mendapatkan  informasinya atau ternyata judul tersebut sudah banyak yang menulisnya. Tetapi  aku nggak khawatir karena masih ada banyak judul juga yang bisa dipilih untuk ditulis. Bisa dibilang dengan membuat draft ini akan memberikan kita banyak stok ide judul artikel yang menanti untuk dieksekusi.



3. Memaksimalkan setiap kesempatan untuk membuat konten
Kalau selama ini alasan kalian nggak bisa konsisten karena nggak punya ide konten, cara ini bisa dipakai nih. Semua kegiatan sehari-hari bisa menjadi konten menarik, cobalah untuk lebih peka dengan kegiatan kita sehari-hari dan maksimalkan kesempatan itu untuk dijadikan sumber inspirasi. Setiap kegiatan harian misalnya: hari ini harus belanja keperluan bulanan perlengkapan memasak. Kalian bisa menjadikan kegiatan itu untuk konten: "tips hemat belanja bahan dapur", atau "strategi menawar harga sayur di pasar tradisional yang nggak bakal gagal", dan masih banyak lagi.

4. Simpan semua artikel di draft dashboard blog
Terkadang ketika kita sedang ada keperluan yang membuat kita sibuk seharian, padahal di hari itu juga adalah jadwal dimana kita harus posting artikel baru membuat semua hal yang telah direncanakan gagal begitu saja. Solusi untuk mencegah kejadian itu adalah dengan menyimpan artikel yang sudah siap di dashboard blog. Kita jadi nggak perlu lagi repot cari artikel di file yang ada di laptop atau gawai untuk mempostingnya ketika jadwalnya tiba. Tinggal masuk ke akun blog kita lalu publish deh. Nggak lebih dari 10 menit sudah selesai. Oiya, tambahan info untuk pengguna Blogspot, kita juga bisa memanfaatkan schedule yang ada di post settings lho, tinggal diatur saja tanggal dan jam kita akan posting. Setelah selesai menyeting lalu klik publish. Artikel kita akan terposting sesuai jadwalnya secara otomatis. Pekerjaan tetap berjalan, posting blog juga lancar sesuai jadwal.

Nah, masih ada alasan lagi untuk tidak bisa konsisten menulis blog? Selamat mencoba empat caraku diatas ya :)


Cheers,
Lucia Berta

You Might Also Like

0 comments

Subscribe