Tutorial: Bikin Dekorasi Pohon Natal Mini Dari Benang

9:00 AM

Saatnya bebikinan barang-barang yang bernuansa Natal lagi, yay! Natal adalah hari raya yang sangat aku suka, karena biasanya aku dapat jatah untuk bikin pernak pernik Natal untuk dekorasi di rumah. Biasanya aku disuruh membuat korona sama ibuku, tapi tahun ini bosan bikin korona, apalagi masih ada korona natal tahun lalu yang masih bisa dipakai. Sebagai gantinya aku mau bikin dekor pohon natal mini aja. Dan demi ada konten, sekalian dong aku videoin untuk dijadikan tutorial juga haha. Oke tanpa panjang lebar, yuk kita segera bikin!


Bahan dan alat yang diperlukan:
- benang wool (warna suka-suka kamu aja)
- lem fox putih (kecintaan banget ini)
- gunting
- mangkuk plastik, garpu plastik, air 
- plastik bening
- selotip
- cetakan tumpeng, kalau kalian tidak punya bisa membuat kerucut dari kertas ya, tapi kertasnya yang lumayan tebal biar kokoh, misalnya kertas manila atau ivory
- lem tembak
- manik-manik atau pernak pernik natal

Cara bikin:
(Sudah aku videoin tapi biar lebih jelas lagi aku ketik sekalian disini stepnya)
1. Lapisi cetakan tumpeng dengan plastik bening, hal ini penting agar nanti benangnya bisa diambil, nggak lengket di cetakan. Gunakan selotip untuk merapikan plastiknya.
2. Potong benang wool (panjangnya terserah), untuk mempermudah nanti waktu dicelupkan ke lem
3. Masukkan benang yang sudah dipotong kedalam mangkok plastik yang sudah diberi lem fox putih dan air. Satu-satu aja ya jangan ambisius dengan memasukkan semua benang yang sudah dipotong karena nanti rentan banget kusut. 
4. Mulai tempelkan benang yang sudah dibasahi lem ke cetakan tumpeng, satu-satu dan harap bersabar ya, lakukan sampai penuh.
Tips: lebih baik pada awalnya dibikin dulu dasarnya, mau sampai semana tingginya, baru benang selanjutnya untuk memenuhi ruangannya.
5. Ulangi terus sampai kamu merasa udah terbungkus semuanya, tahap ini adalah tahap yang membutuhkan kesabaran ekstra :)
6. Begitu sudah selesai, jemur di tempat yang panas atau terkena sinar matahari langsung. Aku pernah bikin malam hari dan menggunakan hair dryer untuk mengeringkan, tapi ternyata lama banget keringnya, jadinya aku bikin pagi-pagi deh biar bisa dijemur siang-sore menjelang malam (karena bisa semalaman ini keringnya)
7. Kalau sudah kering, lepaskan plastik dan cetakannya dari benang yang sudah terbentuk kerucut, hati-hati ya kadang ada yang susah sekali dilepaskan. Pastikan sudah benar-benar kering, kalau masih ada yang basah biasanya susah dilepas.
8. Bisa kalian hias dengan menempelkan pernak pernik atau manik-manik dengan menggunakan lem tembak.




Selamat mencoba!


Cheers,
Lucia Berta

You Might Also Like

0 comments

Subscribe