DIY Tutorial: Bikin Pop-Up Card dari Majalah Bekas

2:53 PM

Aku suka banget beli majalah indie dari luar negeri, dan Daphne's Diary adalah salah satu majalah favoritku karena banyak bonusnya hehe, mulai dari stiker sampai notes mini bisa kita dapetin di satu majalahnya saja. Pokoknya banyak! Nah, kemarin aku sempat pengen bikin tutorial lagi setelah lama absen nggak bikin (jiwa DIYku bergejolak pemirsah!), dan berhubung aku lagi bokek (serius ini, aku lagi banyak beli bibit sayuran karena aku lagi suka menanam dan pengen banget punya taman kecil isinya sayur sama buah) terus mager juga (Jogja sering banget hujan sekarang jadi kalau nggak ada pekerjaan aku lebih suka mendekam di rumah haha) akhirnya aku bikin tutorial yang sederhana saja yaitu kartu pop-up dari majalah bekas (Daphne's Diary). Pas banget di majalah itu ada banyak gambar bunga-bunga watercolor, langsung deh eksekusi saja. Tutorial ini sebenarnya sudah aku posting juga di Youtube-ku tapi aku tampilkan lagi disini beserta step by stepnya biar makin jelas :) 



Oke yuk kita siapkan dulu:
- gambar-gambar (bisa kita gunting dari majalah seperti yang aku lakukan, kalian juga bisa bikin sendiri kalau memang bisa gambar)
- gunting
- lem kertas
- 2 lembar kertas polos tebal (bisa pakai kertas linen seperti punyaku,  kertas manila, kertas asturo, dll)

Cara bikin:
1. Gunting gambar di majalah/siapkan gambar yang kalian punya
2. Ambil 1 lembar kertas polos dan lipat jadi 2, sisihkan
3. Ambil 1 lembar kertas polos yang satunya untuk kita gunting 1/4 nya dan kita lipat berkali-kali seperti akan membuat kipas. Aku lipat sebanyak 3 kali karena aku mau bikin 2 tingkat untuk pop up-nya
4. Kertas yang tadi kita lipat berkali-kali itu kita balik dan gunting di pojok setiap lipatan kertas, random aja sih jumlahnya. Kalau kalian mau skip langkah ini juga boleh. Kalau aku bikin 3 potongan  (di lipatan pertama dan kedua), biar terlihat seperti efek timbul
5. Tempel kertas yang kita lipat-lipat tadi ke kertas yang kita lipat 2 (sampulnya) di masing-masing sisi (atas dan bawah)
6. Tempelkan gambar yang sudah kita siapkan tadi ke kertas yang sudah terlipat seperti tangga itu. Selesai, tunggu kering.

Kalau kalian masih bingung dengan langkahnya, kalian bisa lhat di videonya berikut:



Sebenarnya mudah bukan tutorialnya? Selamat mencoba ya :)


Cheers,
Lucia Berta

You Might Also Like

0 comments

Subscribe