Bikin Kombucha Jambu Biji

5:27 PM

Jogja sekarang sering hujan, kalau begini terus yang paling happy ya tanaman-tanamanku :) habis pulang dari kerja trus nengok kebun sebentar tiba-tiba pangling karena semua tanaman sudah mulai besar dan tinggi, daunnya pun hijau lebat. Wah sepertinya mereka benar-benar bersenang-senang kali ini. Nggak mandeg dengan tanaman yang sudah ada, aku mulai menanam lagi. Aku mencoba beberapa buah import untuk ditanam kali ini. Banyak orang yang pesimis kalau bakalan tumbuh karena cuaca di Indonesia nggak mendukung, tapi aku coba saja, toh nggak ada ruginya. Bener nggak? alau nggak dicoba kita nggak akan tahu. Blueberry, raspberry, kiwi, apel, baby orange, dan pir adalah sederet buah yang aku tanam. Masih minggu kemarin jadi aku belum bisa mendokumentasikannya (belum muncul tunas juga sih). 

Bulan ini selain bertanam aku juga mulai eksplorasi kombucha-ku. Yups aku bikin kombucha sendiri di rumah. Jadi kenapa aku mulai bikin kombucha juga? lumayan panjang sih ceritanya, tapi singkat kata waktu itu aku ingin hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang menyehatkan, trus pengen detox badan juga (secara semakin berumur kita pasti merasa tubuh kita semakin minta perhatian ya kan), trus aku googling dan cari minuman yang bisa untuk detox juga (selain jus), dapatlah si kombucha ini. Eh tapi sebenarnya kombucha bukan hal baru buatku juga, sebelum aku memutuskan hidup sehat aku dulu juga pernah belajar bikin kombucha bersama satu staff di kantorku, dan itu udah pernah bikin beberapa kali, nggak diniati banget dan belum terlalu sadar manfaatnya untuk tubuh trus berhenti deh. Siapa sangka sekarang malah mulai bikin lagi dari awal hehe.

Kombucha itu apa sih? Kombucha adalah minuman hasil fermentasi teh. Jadi tehnya dikasih jamur teh atau disebut scoby (symbiotic culture of bacteria and yeast). Seperti produk fermentasi lainnya (sourdough, kimchi, yogurt, kefir, dll) teh kombucha ini nanti akan memiliki rasa asam, manis, sedikit ada alkoholnya (tapi biasanya kurang dari 1%, jadi masih aman dikonsumsi, nggak bikin mabuk), dan bersoda. Lengkapnya tentang teh kombucha (apa itu dan manfaatnya buat tubuh kita) bisa kalian lihat di SINI


Aku beberapa kali melakukan eksperimen dengan memakai teh hitam, green tea, dan sekarang menggunakan teh bunga telang. Semuanya aku cobain ke keluarga dan teman untuk minum dan makin lama aku semakin lebih suka dengan kombucha dari teh bunga telang. Jujur saja, rasanya lebih ringan daripada dengan teh hitam atau teh hijau, cocok banget buatku. Setelah cocok dengan teh yang akhirnya kugunakan, aku coba lagi nih bereksperimen dengan menambah rasa biar lebih enak, dan eksperimen pertama aku menggunakan jambu biji. Ternyata enak sekali pemirsah!! sampai ada temen yang pengen beli. Ya udah kan, kenapa nggak dijual juga sedikit, karena aku juga bikinnya banyak yaitu 3,5 liter. 

Dan kali ini mau pamer nih kombucha bunga telang rasa jambu biji :) warnanya cantik banget ya, rasanya juga enak dan segar. Aku jual di Toko Wiloka sementara ini dan masih terbatas banget (small batch), jadi kalau kalian ada di Jogja dan pengen nyicip bisa kontak Toko Wiloka ya (Instagramnya: @toko.wiloka). 


Cheers,
Lucia Berta


You Might Also Like

0 comments

Subscribe