Daily Life: Sourdough Making Class Bersama Roti Bati

5:01 PM

Kemarin habis mengadakan workshop baking bersama Roti Bati, toko roti sourdough homemade di Jogja yang digawangi sepasang suami istri, Burhan dan Ulil. Mengadakan workshop baking bukan hal yang baru buatku, pernah beberapa kali, tetapi yang membuat workshop ini istimewa adalah kita membuat roti sourdough. Untuk kalian yang belum pernah dengar roti sourdough mungkin pernah melihat "bentukannya" di beberapa video atau ilustrasi komik ala-ala Eropa gitu. Iya kalau kalian lihat, ini adalah roti yang sering diidentikkan dengan negara Eropa, padahal dulu awalnya malah dari Mesir dan sudah dikenal sejak 1500 SM. 


Sourdough adalah roti yang dibuat menggunakan fermentasi ragi alami (wild yeast). Seperti halnya hasil akhir dari produk fermentasi (seperti yogurt, kombucha, dll), sourdough ini rasanya agak sedikit asam (tapi untuk yang sudah terbiasa mengkonsumsi nggak bakal terasa asamnya). Bagian luar yang renyah, dan empuk pada bagian dalamnya membuat roti ini memiliki lumayan banyak penggemar, termasuk aku. Membuat sourdough membutuhkan waktu yang cukup lama, apalagi jika menggunakan ragi alami. Belum lagi kita harus membuat starter-nya dulu sebelum mulai membuat adonan sourdough. Wah sepertinya rumit ya? Hmm bisa iya, bisa tidak, tetapi nyatanya workshop baking membuat sourdough kemarin sukses tuh meskipun berlangsung hingga lebih dari 3 jam (dan sebenarnya itu wajar kalau lama).

Terlihat sederhana dan polos tampilan rotinya, siapa sangka ternyata roti sourdough ini adalah roti sehat yang seharusnya kita konsumsi. Roti sourdough memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita, salah satunya adalah baik untuk pencernaan kita. Ragi alami serta bakteri baik yang terkandung dalam roti dapat membantu saluran pencernaan dalam mencerna makanan sehingga tidak perlu bekerja lebih setelah kita mengkonsumsi sourdough. 







Mengkonsumsi makanan dan minuman sehat di Jogja saat ini sedang populer, hal ini bisa kita lihat dari bermunculannya artisan sourdough anak muda yang mulai memamerkan sourdough bikinan mereka. Biasanya roti sourdough mereka bisa kita beli secara online atau bisa kita dapatkan di pasar sehat, dan beberapa bulkstore yang ada di Jogja. Untuk kalian yang penasaran dengan roti sourdough buatan Roti Bati, kalian bisa lihat di Instagram mereka: @rotibati.

*Foto: dokumentasi Wiloka Workshop dan Roti Bati


Cheers,
Lucia Berta

You Might Also Like

0 comments

Subscribe